Hai... kawan
Perkenalkan nama saya satinah biasa dipanggil tinah...
Saat ini saya adalah salah satu store officer di toko handphone *DERING_PONSEL*
Sekedar shareing ajah...
Ada sedikit ilmu yang saya dapatkan dari trainer saya yakni bpk arianto
Yuk simak...!!!😁😁😁
Dalam dunia jual beli ada 3 kata ajaib yakni terimkasih...maaf...dan sebut nama custemer.
Itu adalah kata2 yang akan terkesan oleh hati custemer..
Ok lanjuut...
Apa itu itu selling skill...? Seling skill adalah kemampuan kita dalam melayani custemer....
Yakni ada 4 tahap
1.kesan pertama
2.minat
3.closing
4.keberatan
*kesan pertama
Kesan pertama adalah hal yang sangat penting... kita tunjukan dari mulai adanya penyambutan seperti selamat datang silahkan dan lain sebagainya... dan simpelnya 5s senyum salam sapa sopan dan santun hihi
*minat
Minat merupakan hak custemer..
Untuk mengetahuinya kita perlu mengetahui dulu apa kebutuhan custemer tsb.
Dalam konteks kebutuhan...kebutuhan dibagi 2 yakni kebutuhan logika dan kebutihan emosi
▪Kebutuhan logika itu berhubungan dengan kondisi produk yang dilihat oleh pelanggan..misal warna,ukuran,speaifikasi,fitur,harga dll.
▪Kebutuhan emosi itu berhubungan dengan kepuasan dan kepercayaan....
Utk mengetahui apa kebutuhan pelanggan kita perlu bertanya agar planggan dpt berbagi fikiran dan idenya agar kita dpt memahami lebih baik tingkat pemahaman pelanggan.
Bertanyalah dengan efektif yakni singkat.. relevan yang didiskusikan..menekankan ide pokok..memeriksa pemahaman.
Dalam sebuah pertanyaan itu dibagi 3 macam yakni
1.Pertanyaan terbuka: pertanyaan yang memerlukan jawaban lebih dari kata ya/tidak
2.pertanyaan tertutup: pertanyaan yang memerlukan jawaban ya/ tidak
3.pertanyaan arahan: pertanyaan yang jawabannya bersifat mengarahkan.
Pelanggan pada umumnya memiliki sifat ingin didengarkan... kita sebagai sales harus bisa mendengarkan secara aktif.
Mendengarkan secara active ada 6 point yang perlu diperhatikan.
1.avoid observation: hindari pengganggu
2.cues observation: mencari petunjuk
3.talk only when necessary: hanya bicara saat dibutuhkan
4.interested: menunjukan minat
5.view pont: sudut pandang
6.eye contact: kontak mata
*closing
Closing adalah tahap dimana pelanggan telah sampai pada titik jadi untuk membeli samapi terjadi transaksi serah terima barang..
*Keberatan
Keberan terjadi ketika ada keganjalan ntah itu krn pelanggan masih merasa ragu antara produk satu dengan yang lain atau karan minimnya baget... kita arahkan ia kepada produk yang sesuai dengan kondisi tsb..jika pelanggan mersa kurang baget maka kita arahkan ke harga yang ringan... jika pelanggan merasa ragu diantara 2 produk atau lebih...kita titik fokuskan ke produk yang lebih bagus...
Nah cukup itu saja dari saya...semoga bermanfaat...
Happy selling...kawan😘
Tidak ada komentar:
Posting Komentar